Home / sehat / Radang dan Infeksi Empedu yang Harus Diwaspadai

Radang dan Infeksi Empedu yang Harus Diwaspadai

Radang dan Infeksi Empedu yang Harus DiwaspadaiDidalam empedu terdapat sebuah cairan yang dibuat dan dilepaskan oleh hati. Fungsinya adalah untuk membantu sistem pencernaan dengan cara memecah lemak menjadi asam lemak. Akan tetapi memang ada kalanya organ yang terletak berdekatan dengan hati ini tidak dapat bekerja dengan baik akibat mengalami radang atau infeksi empedu.

Radang dan infeksi empedu memang sangat mengganggu. Radang dan infeksi empedu dapat membuat organ tubuh utamanya yang memiliki fungsi mencerna lemak tidak berjalan normal. Karena itu radang dan infeksi empedu merupakan suatu gangguan kesehatan yang harus Anda waspadai. Berikut informasinya untuk Anda tentang radang dan infeksi empedu yang perlu Anda tahu.

Radang dan Infeksi Empedu

Ada beberapa gejala yang dapat dikenali pada seseorang jika orang yang bersangkutan pada hakikatnya mengalami kondisi radang dan infeksi empedu. Beberapa gejala radang dan infeksi empedu yang dapat dikenali diantaranya :

  • Nyeri parah di perut bagian kanan atas dibawah tulang rusuk. Rasa sakit yang dirasakan ini bahkan dapat menjalar sampai ke punggung atau ke bahu kanan dan cenderung berlangsung selama beberapa jam bahkan lebih dari enam jam.
  • Perut terasa sakit ketika disentuh
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Perut kembung

Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami keluhan dengan gejala diatas, baiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan langkah penanganan yang tepat. Penyembuhan radang serta infeksi empedu juga disesuaikan dengan tanda penyakit yang diderita dan keadaan kebugaran pasien. Berikut langkah pengobatan yang tepat diberikan pada penderita radang dan infeksi empedu :

  • Bila masalah radang dan infeksi empedu ringan, pengobatan radang dan infeksi empedu yang bisa dilaksanakan adalah dengan berpuasa, pemberian cairan infus dan antibiotik suntikan melalui pembuluh darah, minum obat dan banyak minum air agar radang kembali mereda.
  • Pada kondisi yang parah, pasien harus dibawa dan dirawat di rumah sakit. Mengenai penanganannya sendiri bisa meliputi operasi kolesistektomi yang dilakukan oleh dokter untuk mengeluarkan kantong empedu. Operasi ini biasanya dilakukan oleh dokter dengan membuat sayatan kecil di bagian perut untuk memasukkan suatu alat khusus.

Akan tetapi jika ternyata kondisi radang dan infeksi empedu disebabkan oleh batu empedu yang menempel pada saluran empedu, maka pengobatan yang mungkin dilakukan melibatkan prosedur endoskopi dalam rangka menghilangkan batu di saluran empedu lebih dulu. Setelah prosedur endoskopi dilakukan, kemudian baru operasi pengeluaran kantong empedu akan dilakukan. Operasi seperti ini biasanya menunggu beberapa hari sampai beberapa minggu sampai ditemukan radang pada empedu mereda.

Demikian sedikit informasi tentang radang dan infeksi empedu yang dapat kami sampaikan. Jaga selalu kesehatan Anda dan selalu konsultasikan dengan dokter jika mengalami tanda atau gejala radang dan infeksi empedu guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Incoming search terms:

  • milagros untuk meluruhkan batu empedu

About jamil

Check Also

pantangan asam urat dan kolesterol

Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol Yang Harus Dihindari

Setiap penyakit pasti memiliki pantangan yang wajib untuk dihindari, begitu pula dengan penyakit asam urat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *